my site

my contacts

Thursday, July 12, 2012

Daftar 10 Kota Terbersih Didunia


Hidup dan tinggal di kota yang memiliki tingkat kebersihan tinggi tentu menjadi dambaan semua orang, dengan tata kota yang baik, polusi udara yang rendah serta banyaknya taman kota menjadi kota terlihat hijau, Kebersihan kota tidak terlepas dari peran pemerintah kota tersebut beserta peran warga kota. Bagaimana dengan kota kota besar di Indonesia? tentunya tidak bisa dibandingkan dengan kota Jakarta yang masih termasuk kota yang begitu banyak sampah serta tingkat polusi yang tinggi. Daftar kota terbersih didunia mudah mudahan menginspirasi kita sebagai warga serta pemerintah setempat supaya melakukan hal yang sama, karena kota yang bersih akan membuat warga juga nyaman untuk tinggal. Berikut daftar 10 kota terbersih didunia

1. Calgary, Kanada
http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Terletak di antara Pegunungan Rocky dan padang rumput di Kanada, lebih dari seribu meter di atas permukaan laut, Calgary adalah kota yang paling bersih di Kanada.
Ada dua sungai yang mengalir melalui kota ini, Sungai Bow dan Sungai Elbow yang menjaga kelembaban di daratan Calgary. Selain dekat dengan pegunungan dan sungai, kota ini juga dekat dengan kawasan hutan. Faktor-faktor itu membuat kota ini berudara segar dan dipertimbangkan menjadi kota terbersih di urutan wahid di dunia.
Padahal, kota ini berpenduduk 1 juta jiwa yang mayoritas berkegiatan di sektor industri, utamanya industri energi. Hal ini menjelaskan bahwa pemerintahnya menyediakan pelayanan yang memuaskan dan memenuhi kebutuhan warganya dan menjadi tempat terbaik untuk hidup di dunia.

2. Adelaide, Australia

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Kota Adelaide menjadi ibukota di Australia bagian selatan dan terletak di antara Teluk St Vincent dan Pegunungan Lofty. Menjadi pusat ekonomi dan budaya, pemerintah kota ini sangat baik dalam mengatur dan merencanakan kotanya.
Pusat-pusat komersial dan finansial ada di kota ini, di satu sisi pertunjukan budaya dan festival tahunan juga digelar di sini, kehidupan yang seimbang sekali. Sistem pendidikannya juga baik. Padahal kota ini memiliki penduduk 1,2 juta jiwa, namun mereka menjalani kehidupan yang sangat teratur dan bersih.

3. Honolulu, Hawaii-AS

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Negara bagian ke-50 di Amerika Serikat (AS) ini memiliki mutiara bak surga, Honolulu. Menjadi ibukota Hawaii, Honolulu berperan besar dalam struktur ekonomi negara bagian itu dari kegiatan utamanya, pariwisata.
Berpenduduk 400 ribu, Honolulu tidak kelebihan populasi. Ditambah lagi Honolulu adalah tempat di mana orang mengatakan ‘Tidak’ untuk membuang sampah sembarangan dan semua dengan rapi dan bersih agar wisatawan merasa betah untuk terus mengunjungi Honolulu.

4. Minneapolis, AS

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html


Minneapolis merupakan kota yang berlokasi di sepanjang Sungai Missisipi. Nama Minneapolis sendiri berasal dari bahasa Indian Suku Dakota, Minnea yang berarti air dan Polis dari bahasa Yunani yang berarti kota. Jadi arti nama kota ini adalah ‘Kota Air.
Faktanya, kota ini memang kota air, memiliki 12 danau, banyak lahan basah dan 5 kolam. Berpenduduk lebih dari 3,3 juta, kota ini berkembang dari kegiatan ekonomi yang berbasis transportasi, perdagangan dan pelayanan.
Banyak warga AS yang berpindah untuk hidup di sana, semakin banyak pajak yang terkumpul dan tentu saja pemerintah kotanya bisa mengelola dengan baik untuk melayani warganya.

5. Kobe, Jepang

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Jepang terkenal akan disiplin, kesadaran, rasa tanggung jawab dan budayanya yang tinggi. Kota berpenduduk 1,5 juta ini terletak di antara pantai dan pegunungan yang membuat lanskap kota ini sangat indah. Kota ini hidup dari perdagangan dan industri, baik industri ringan hingga berat. Nah jadi bagaimana bisa Kobe yang kota industri menjadi salah satu kota terbersih di dunia? Ternyata itu dikembangkan, warga kota diajari untuk menghargai dan melindungi tanahnya.

6. Copenhagen, Denmark

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Kopenhagen, ibukota Denmark ini, menjadi jantung ekonomi, sejarah, budaya hingga politik negara Denmark. Kendati demikian, kota berpenduduk 2 juta ini menjadi salah satu kota terbersih di dunia.
Tata kotanya sangat terencana dengan pelayanan pemerintah kotanya yang sangat tinggi. Karena pemerintah kotanya melayani warga dengan sangat baik, maka kinerja pemkotnya hampir tak pernah menjadi bahan kritik warganya.
Warga Kopenhagen selalu bangga akan kotanya yang sangat hijau, memiliki banyak taman, jalur pejalan kaki, yang dipenuhi taman-taman bunga yang wangi dan udara segar. Kekayaan alam dan koordinasi dengan kegiatan manusia yang serasi dan seimbang membuat kota ini menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

7. Wellington, Selandia Baru

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Kota ini tidak terlalu padat penduduk, hanya memiliki 400 ribu jiwa, namun jangan ditanya mengenai kebijakan lingkungan. Kota ini sangat tegas mengatur tata kotanya.
Ada pemisahan yang jelas di mana wilayah parkir, taman dan semuanya diatur dengan hampir sempurna. Kecantikan alam antara pantai dan pegunungan, ruang-ruang terbuka hijau, jalanan yang bersih dan penghargaan warganya yang tinggi akan lingkungan ditambah pelayanan pemerintah kotanya yang tanpa cela membuat kota ini menjadi salah satu kota terbersih di dunia!

8. Helsinki, Finlandia

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html

Helsinki terletak di Teluk Finlandia, dengan pemandangan bak surga yang hijau dan asri.
Menjadi ibukota di Finlandia dengan penduduk 1,1 juta, Helsinki menjadi jantung dari segala aktivitas pemerintahan, juga kantor-kantor perusahan multinasional. Budaya dan pendidikan sangat berkembang di kota ini. Tak heran karena pemerintah kotanya sangat merawat dan melayani warga di kota yang prestisius ini.

9. Kathmandu, Nepal

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html


Ibukota Nepal ini penting bagi siapa saja yang akan menuju pegunungan Himalaya. Tak heran, industri pariwisata berkembang di sana.
Kota ini terletak di Lembah Kathmandu, dilalui 8 sungai dan dikelilingi gunung, membuat tempat ini kaya akan budaya, sejarah, bangunan berarsitektur unik dan kuil yang indah. Karena pariwisata menjadi sumber utama ekonomi, warga dan pemerintah kotanya berusaha menawarkan tempat yang menyenangkan dan bersih agar para wisatawan betah.

10. Freiburg, Jerman

http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/daftar-10-kota-terbersih-didunia.html


Kota Freiburg di Jerman ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Kota ini diatur oleh politisi Partai Hijau, salah satu faktor yang membuat kota ini dijuluki kota ekologi.
Fakta yang terkenal di kota ini, warga kota Freiburg sangat dikenal sangat tertarik dan bersemangat untuk segala hal yang baik untuk lingkungan dan strategi mereka memakai energi matahari semakin dipraktikkan dengan luas.
Banyak universitas, tempat-tempat wisata karena kebersihan dan udaranya yang segar, dengan pemandangan pengunungan dan lampu-lampu kota yang rapi. Siapapun pasti jatuh cinta jika mengunjungi dan memandang kota ini

(Sumber: news.detik.com)

No comments:

Post a Comment