my site

my contacts

Sunday, July 1, 2012

Keindahan Stalaktit di Gua Batu Cermin, Flores


http://vietsukino.blogspot.com/2012/07/keindahan-stalaktit-di-gua-batu-cermin.html
Gua Batu Cermin kerap menjadi objek perburuan foto para pecinta fotografi. Banyak sekali bebatuan indah yang bisa diabadikan di sini. Yang tak bisa dilewatkan adalah kilau stalaktit yang seakan menyala di dalam gulita.

Tahun 1951, seorang pastur berkebangsaan Belanda, Meneer Verhoeven menemukan gua ini. Menurut Ranger Gua Batu Cermin, Aven, Verhoeven datang ke sini untuk meneliti. Gua ini mulai menjadi objek wisata lokal pada tahun 1986. Sedangkan, gua batu ini mulai terdengar di telinga wisatawan internasional pada tahun 1993.


Butuh waktu 10 menit berjalan kaki untuk mencapai mulut gua. Jalan setapak dengan blok rata akan menemani Anda hingga ke pintu masuk gua. Batang bambu yang melengkung dan bersilangan membentuk kanopi alam yang terasa seperti terowongan. Sangat cantik dipandang mata

Serambi gua dipenuhi dengan bebatuan kokoh yang menjulang tinggi. Untuk masuk ke dalam gua, harus menggunakan penerangan seperti senter karena di dalam benar-benar gelap gulita. Selain itu, mulut gua yang terbilang kecil juga memiliki stalaktit yang lumayan tajam, sehingga turis harus berhati-hati.

Angin sejuk akan berhembus menyapa saat masuk ke dalam gua. Semakin masuk ke dalam, semakin terpana akan dibuatnya. Bebatuan stalaktit yang berkilau cantik tersebar di kiri dan kanan gua. Kilau batu ini berasal dari kandungan garam yang ada di air yang mengalir saat hujan turun. Entah darimana asalnya, air hujan yang seharusnya tawar memiliki kandungan garam. 


Yang harus diperhatikan di sini adalah dilarang menyentuh stalaktit terlalu intens. Karena bebatuan ini memiliki sifat seperti makhluk hidup yaitu tumbuh. Batu ini bisa tetap berkilau dan semakin membesar jika tidak terlalu banyak disentuh. Secuil bagian dari sebuah batu cantik ini terlihat kusam karena pernah ada yang memotek ujung batu. Hal ini tentu merusak alam dan mengurangi keindahan dari objek wisata tersebut tentunya

No comments:

Post a Comment