my site

my contacts

Tuesday, December 4, 2012

Memilih tempat tinggal di Jepang



http://vietsukino.blogspot.com/2012/12/memilih-tempat-tinggal-di-jepang.html

Menetap sementara di Negara yang bukan Negara kita tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tempat tinggal,di setiap Negara pasti punya peraturan dan budaya yang berbeda,tentunya kita harus mengenal betul Negara yang akan menjadi tempat tujuan kita dengan baik, rata-rata tujuan utama kita mencari tempat tinggal didasari niat kita untuk bekerja ataupun meneruskan pendidikan kita.

Vie mau kasih sedikit info untuk memilih tempat tinggal di jepang,karena banyak sekali kota di Negara matahari terbit ini, vie memilih kota Sendai, karena di kota ini banyak sekali para pelajar yang memilih tinggal disini..

Kota Sendai merupakan compact city yang terencana dengan baik. Pada awalnya kota dibangun berdasarkan perbedaan kelas penduduk. Kelas menengah tinggi dahulu terpusat di tempat yg sekarang menjadi Katahira Campus. Para pedagang dipusatkan di sepanjang jalan-jalan utama yang sekarang menjadi Kokubuncho, dan kelas menengah ke bawah ditempatkan di pinggir-pinggir kota. Kemudian kota berkembang dengan stasiun Sendai sebagai pusat kota, diikuti komplek perkantoran, komplek pendidikan, pemukiman penduduk kelas menengah-bawah, lalu diikuti oleh komplek pemukiman menengah atas di pinggiran kota (Izumo Town). Bagian tengah terdiri dari wilayah yang termasuk Aoba-ku, Miyagino-ku, dan Wakabayashi-ku, dengan titik utama keramaiannya ada di stasiun Sendai (Sendai Eki, 仙台駅) dan sekitarnya . Izumi-ku terletak di utara dengan pusatnya di Izumi Park Town serta Izumi Premium Outlet sebagai pusat perbelanjaan dan Taihaku-ku di selatan dengan pusatnya di Nagamachi tumbuh menjadi subpusat kota yang lain pula. Dari Izumi melewati pusat kota sampai Nagamachi inilah kereta bawah tanah Sendai terhubungkan. Beberapa jalan utama kota seperti Aoba-dori (青葉通り), Hirosedori (広瀬通り), Jouzenji-dori (定禅寺通り),dan Higashi Nibancho-dori (東二番町通り) dikenal sebagai jalan-jalan utama di distrik pusat bisnis (Central Business District, CBD) Sendai.

Pada tahun 1889, Sendai resmi menjadi kota besar sejajar dengan kota-kota lainnya di Jepang dan berangsur-angsur menjadi lokasi menarik bagi hampir semua kegiatan, dari pemerintahan, militer sampai pendidikan.

Tempat tinggal di Sendai bisa dibagi menjadi 4 kategori:
Asrama Universitas dan International House

Pendaftaran asrama universitas dan international house biasanya sekitar bulan Januari-Februari (jika ingin mulai ditempati pada bulan Maret), atau bulan Juli-Agustus (jika ingin mulai ditempati bulan Oktober). Kita bisa meminta bantuan sekretaris lab untuk mendaftarkan ke kampus. Oleh karena keterbatasan jumlah kamar, setiap mahasiswa hanya memiliki jatah 1 tahun untuk menempati asrama universitas, sedangkan untuk international house maksimal bisa ditempati 2 tahun. Khusus untuk peneliti / postdoc, jatah tinggal di asrama kampus adalah 2 tahun. Pada beberapa kasus ada mahasiswa yang bisa tinggal melebihi jatah waktu tersebut dikarenakan sepinya peminat, terutama di international house di Higashi-Sendai. Keuntungan tinggal di asrama dan international house adalah biaya bulanannya yang sangat murah dibandingkan tinggal di apartemen pribadi / apato. Perlengkapan ruangan pun biasanya sudah lengkap sehingga tidak perlu membeli lagi barang-barang rumah tangga.

Rumah pemerintah (untuk rakyat miskin)
http://vietsukino.blogspot.com/2012/12/memilih-tempat-tinggal-di-jepang.html

Selain asrama, tempat tinggal yang sangat murah (paling murah) adalah rumah pemerintah yang diperuntukkan bagi rakyat miskin. Dalam hal ini, mahasiswa asing bisa digolongkan sebagai rakyat miskin karena pendapatannya yang di bawah pendapatan minimum kena pajak. Belakangan ini warga PPIS tidak ada yang berusaha menempati rumah pemerintah ini dikarenakan sistemnya lotere, sehingga peluang mendapatkannya sangat kecil. Prioritas utama rumah ini adalah untuk warga Jepang miskin, terutama para tunawisma.

Apartemen pribadi (apato)
http://vietsukino.blogspot.com/2012/12/memilih-tempat-tinggal-di-jepang.html

Tempat tinggal yang paling populer adalah apato. Ada banyak trik untuk mendapatkan apato murah. Salah satu yang terpenting adalah mempunyai koneksi langsung dengan pemilik rumah (landlord / owner / oyasan). Tapi kalau kita tidak keberatan untuk mengeluarkan uang lebih, sebaiknya memanfaatkan jasa agen perumahan (fudousan) agar banyak pilihan. Kita pun bisa browsing di internet atau datang langsung ke fudousan. Jika sudah setuju, masalah kontrak, asuransi, dan semacamnya akan disiapkan oleh pihak agen perumahan. Siapkan dana lebih di awal karena biasanya warga yang baru pindah diharuskan membayar kontrak bulan pertama + biaya jasa agen (1 bulan kontrak) + biaya untuk pemilik apato (1 bulan kontrak) + deposit untuk mengganti kerusakan saat meninggalkan apato (bisa 1-3 bulan kontrak). Untuk biaya deposit ini jika ada kelebihan bisa dikembalikan.

Pembayaran gas, listrik, dan air
Setelah tinggal lebih dari 3 minggu, kita akan menerima rekening tagihan gas (gasu), listrik (denki), dan air (suidou). Jika masih tinggal di asrama, maka hanya rekening listrik saja yang wajib kita bayarkan sendiri, lainnya akan dipotongkan otomatis dari rekening kita (setelah memiliki rekening bank, maka petugas kaikan akan mencatatnya).

Jenis pembayaran
Pembayaran langsung: Membayar lewat bank, kantor pos atau convenience store (“konbini”, dari kata convenience) dengan menunjukkan bill tagihan setiap bulan. Tanpa berkata pun petugas/kasir akan tahu maksud kita.
Pembayaran otomatis (“jidou furikomi”): Pembayaran tagihan dapat dilakukan secara otomatis melalui penarikan dari rekening bank. Cara ini lebih praktis daripada pembayaran langsung.

Cara mendaftar jidou furikomi
Mendaftar ke kantor pos/bank dengan membawa cap/seal (inkan atau hanko) yang digunakan saat membuka rekening, buku rekening, dan kwitansi pembayaran bulan pertama (Untuk pembayaran bulan pertama hanya bisa dilakukan dengan pembayaran langsung).
Tips
Kata-kata yang berguna saat mendaftar ke kantor pos/bank:
 “GASU / SUIDO / DENKI NO RYOUKIN NO JIDO SIHARAI WO MOSIKOMITAI”
    (saya mau mendaftar pembayaran otomatis untuk gas/air/listrik)

sumber klik disini 

No comments:

Post a Comment