my site

my contacts

Monday, January 14, 2013

Hachiko Anjing setia dari Jepang




http://vietsukino.blogspot.com/2013/01/hachiko-anjing-setia-dari-jepang.html
Patung Hachiko
Vietsukino - Hachiko adalah anjing Akita , lahir pada tahun 1923 dan dijual ke sebuah keluarga di Tokyo saat masih anak anjing . Ueno Eisaburo sang kepala keluarga adalah seorang profesor Universitas Tokyo, dia sangat mencintai Hachiko dan sangat memanjakannya, dia selalu membawa hachiko untuk berjalan-jalan, selalu menyikat dia, dan bahkan sering mandi bersama di dalam rumah. Dia memperlakukan hachiko benar-benar seperti keluarganya .

http://vietsukino.blogspot.com/2013/01/hachiko-anjing-setia-dari-jepang.html
Hachiko
Tuan Ueno adalah profesor jurusan ilmu pertanian di Universitas Tokyo. Setiap pagi Hachiko selalu berada di depan pintu rumah mengantar keberangkatan Ueno ke kantor, dan senja harinya ia berlari ke Stasiun KA Shibuya menyambut kedatangan tuannya dari kantor. Kebahagiaan dan kebersamaan mereka terus berlangsung hingga 1925

Suatu hari tuannya meninggal saat ia sedang mengajar di universitas . Hachiko pergi untuk menjemputnya tapi dia tidak pernah datang . Dan , Hachiko tidak pernah berhenti menunggu . Setiap hari selama sekitar 10 atau 11 tahun ia pergi dan menunggu tuannya pulang dari kantor di tempat itu, akan tetapi setiap hari ia selalu pulang dengan kecewa, tak menemukan tuannya diantara kerumunan penumpang,Hachiko selalu muncul tepat waktu di stasiun setiap senja dan menanti KA merapat di peron. 

Suatu ketika, seorang murid Ueno Eisaburo menemukan Hachiko di stasiun itu dan mengikutinya kembali ke rumah Kobayashi. Sepeninggal Ueno Eisaburo, Hachiko dipelihara oleh Kobayashi Kikusaburo, namun Hachiko seringkali melarikan diri dari rumah Kobayashi dan secara rutin kembali ke tempat tinggalnya yang lama. 

http://vietsukino.blogspot.com/2013/01/hachiko-anjing-setia-dari-jepang.html
Kematian Hachiko
Hachiko tidak mengetahui kalau tuannya telah meninggal. Cerita ini dipopulerkan oleh surat kabar Jepang , dan Hachiko menjadi selebriti kecil saat ia masih hidup. Patung hachiko dibuat pada tahun 1934 . pada tahun 1935,tepatnya tanggal 8 Maret 1935 tubuh Hachiko ditemukan membujur kaku di pinggir jalan statsiun Shibuya 1 tahun setelah peresmian patungnya, hachiko meninggal dunia , Hingga kini, di depan stasiun Shibuya terdapat sebuah patung Hachiko yang terbuat dari perunggu dan ceritanya masih bisa anda lihat sendiri dalam koleksi Science Museum Nasional di Ueno .

1 comment: